Apa Sih Sociopreneur?

hallo semua,,,
udh lama gw ga nulis, sampe blog gw banyak debunya :)

Malam ini, gw nulis tentang "sociopreneur". Sociopreneur??? kata yang satu ini,, kira-kira asing ga di telinga ato baru dengar ditulisan gw :p (pasti ada yg bilang gw sombong)..
Menurut gw, mungkin hampir semua orang tau apa itu Sociopreneur jika kita cermati dan perhatiin dari katanya yang terdiri dari Socio dan Preneur, pasti temen-temen udah bisa nebak artinya hehe.. Jadi yang dimaksud Sociopreneur adalah pengusaha yang selalu melibatkan usahanya dengan sosial.

Namanya juga Sociopreneur, tentu tujuannya bukan hanya untuk mencari profit sebanyak- banyaknya dan digunakan untuk memuaskan nafsu diri sendiri, tetapi mau berbagi profit tersebut dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Nah, terus apa bedanya dengan CSR? Nah apalagi tuh CSR(Corporate Social Responsibility), perbedaan antara CSR dan Sociopreneur terletak dalam melibatkan sosialnya. Kalo CSR, biasanya kita mengenal dengan program charity. Program tersebut digunakan oleh perusahaan sebagai bentuk untuk memenuhi kewajibannya kepada lingkungan tempat perusahaan itu berada. Sedangkan Sociopreneur, selalu melibatkan sosial secara langsung untuk menjalankan bisnisnya. Misalnya, memberikan pekerjaan kepada ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan tetap untuk melakukan salah satu proses operasional dari perusahaan ataupun yang lain.

Ketika gw cari artikel mengenai Socipreneur, gw nemu tips gimana cara untuk menjadi seorang Sociopreneur. Menurut Kartika Djoemadi ada beberapa hal yang harus dimiliki jika kita ingin menjadi seorang Sociopreneur. Pertama yaitu kita harus memiliki kebulatan hati untuk menjadi seorang pengusaha dengan dasar fundamental sosial. Kedua yaitu siap menjadi agen perubahan dengan mengemabangkan ide-ide yang bisa menyelesaikan masalah keterbatasan dalam komunitas. Dan yang terakhir yaitu mampu membuat komunitas sejahtera seperti kita dengan merealisasikan ide-ide yang dapat membangun usaha. Gw rasa udah cukup untuk berbagi tentang sociopreneur,, mata gw udah sepet kayak salak.. thanks. semoga sukses salam galauers :)

Comments

Popular posts from this blog

CRUD Menggunakan Codeigniter, Ajax, Boostrap, Mysql

invesment dan financial check up