invesment dan financial check up

Postingan gw pagi ini judulnya doang pakai bahasa inggris bro beeuuhh... gw ambil kutipan dari diskusi forum online tentang investasi reksa dana untuk pemula dengan seorang pakar investasi perusahaan research team capital. Menurut gw diskusi pagi ini sangat menarik dan sangat solutif jawaban yang diberikan. Gw coba sharing ke teman-teman yang baik hehe..

Lifestyle bagi sebagian orang biasanya dinilai tidak jauh dari konteks konsurmerisme dan hedonisme sebagai gaya hidup. Okelah klo begitu,, gw ga mau panjang lebar,, kasian gw klo dapat yang lebar.. jd ngaur ckckck... Sekarang kembali ke laptop,, ehh kembali ke topik... upps.. Sebelum mulai diskusi, gw ditanya dulu laporan keuangan pribadi, laporan cash flow alias arus kas pendapatan dan pengeluaran (mau tau aja apa mau tau bgt dlm hati gw :D). Setelah itu gw kasih tau tuh laporan keuangan gw ke bpknya, layaknya akuntan, si bpk pakar menganalisa laproan keuangan gw,, hasilnya RHS(rahasia dunggs). Sekarang gw jabarkan sejumlah pertanyaan dan jawaban yang sempat kita diskusikan waktu itu. Selamat menyimak, Semoga bermanfaat..

gw: investasi reksa dana seperti apa yang pas untuk pemula seperti saya?
a : sebelum kami memberikan saran terkait tujuan keuangan bpk(gw dipanggil bpk :D) untuk investasi reksa dana.

gw: tujuan saya tertarik ikut investasi untuk membeli rumah (gaya bgt gw dah,, beuuhh).
nah kali ini panjang jawabannya (ribett gella dah). Simak ya :)

a : untuk investasi reksa dana dalam beberapa literatur perencanaan keuangan ada beberapa hal yang sebaiknya dipenuhi terlebih dahulu.
Adapun hal-hal yang terkait keuangan sebelum melakukan investasi di antaranya:
  1. Cash flow alias arus kas harus positif (Pendapatan > Pengeluaran) dan ini sudah terpenuhi dari tabungan(menyisihkan gaji utk ditabung) setiap bulan.
  2. Adanya dana darurat yang berfungsi sebagai dana cadangan jika kena PHK ataupun adanya kejadian diluar perkiraan. Karena Bapak masih single, biasanya dana cadangan tersebut sebanyak 3 kali dari kebutuhan bulanan.
  3. Asuransi yang diperlukan jika memang punya riwayat penyakit cukup serius. Sebaiknya mengambil lagi asuransi karena mungkin asuransi yang dicover perusahaan tidak menutupi penyakit yang kompleks.
  4. Utang tidak boleh melebihi 30 atau 35% dari pendapatan. Tidak ada keterangan terkait data utang Anda, sehingga diasumsikan tidak memiliki utang.
gw: Bpk dapat merekomendasikan salah satu penyedia reksa dana yang baik, mengingat saat ini banyak sekali penyedia reksa dana yang menawarkan produk-produknya?
a : Setelah ke 4(empat) komponen diatas terpenuhi barulah Anda bisa melakukan investasi sesuai dengan profil risikonya. Dikarenakan Anda baru memulai berinvestasi, pilihan Anda sudah tepat untuk memilih reksa dana.

Ada beberapa jenis reksa dana yang dikenal secara umum di antaranya Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran serta Reksa Dana Saham. Ada juga Reksa Dana berprinsip Syariah. Pilihan reksa dana haruslah disesuaikan dengan profil risiko Anda. Biasanya sebelum membeli produk reksa dana nasabah harus mengisi kuesioner untuk menentukan profil risikonya apakah masuk dalam kategori konservatif, moderat atau agresif.

Dengan umur Anda yang masih tergolong muda 28 tahun(seneng diblng muda :D ) sebaiknya Anda memilih produk dengan profil risiko moderat hingga agresif. Pilihan reksa dana yang sesuai dengan profil demikian adalah Reksa Dana Campuran atau Reksa Dana Saham.

Selanjutnya Anda berencana membeli rumah dengan melakukan investasi melalui reksa dana. Di sini Anda tidak menyampaikan kapan rencana memiliki rumah, kisaran harga rumah serta skema pembelian nantinya apakah melalui cash dari hasil investasi ataukah melalui KPR.

Namun jika Anda berencana membeli rumah tersebut secara tunai dari hasil investasi di reksa Dana maka harus ada penyesuaian dari nilai rumah pada saat harga sekarang dengan harga rumah pada saat periode investasi Anda berakhir.

gw: Usaha sampingan apakah yang menjanjikan?
a :   Tergantung masing-masing orang. yang jelas harus disesuaikan sama minat dan bakat(simple bgt jwbnya :D).

Intinya dalam keuangan sesorang wajib ada yang namanya dana darurat, dimana perhitungannya adalah 3 kali pengeluaran dalam sebulan (kalo ada tanggungan perkaliannya tentu berbeda). Fungsinya sebagai dana cadangan jika kena PHK ataupun adanya kejadian diluar perkiraan. Jadi prinsipnya menabung, investasi, bahkan sampe reksadana harus ada tujuannya.

seperti tulisan gw sebelumnya tentang waktu dan finansial.. gimana mau kaya,, kalau kerjanya hanya shopping,, utang terus haha.. sementara orang lain bekerja keras,, menabung dan berinvestasi dengan rajin.. makanya sediakan waktu untuk cash-flow lo pada... hehe :)

udah dulu para galauers... ntar gw lanjutin nulisnya.. hehe

salam GALAUERS aja dech.. haha.. :)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Sih Sociopreneur?

CRUD Menggunakan Codeigniter, Ajax, Boostrap, Mysql